Cara mengedit atau menghapus menu navigasi dropdown Blog

shares |

Cara Menghapus menu dropdown atau navigasi template - Biasanya cara ini di lakukan oleh para blogger pemula seperti saya yang tidak cocok dengan tampilan template itu sendiri, ada yang memang banyak sub-submenu dari template itu sendiri, terkadang apa yang kita bahas tidak sesuai dengan nama dari yang sudah dibuat oleh pembuat template. Namun ada juga yang menyukai hal tersebut, menurut mereka lebih bagus karna terlihat elegan dan profesional. Jadi jika anda tidak ingin berhadapan dengan editing template, sebelum men-download template perhatikan terlebih dahulu konten apa yang kita bahas, dan sesuaikan dengan template yang ingin anda download.

Sangat banyak manfaat membuat navigasi ini di blog, selain mempermudah pengunjung untuk melihat dari laman anda atau semua isi blog anda dari label yang berbeda-beda. Untuk yang akan saya bahas untuk menghapus menu navigasi bukan untuk membuat navigasi dan sebagainya. Bagi anda yang mungkin kiranya sedang mengalami hal seperti yang telah saya jelaskan, silahkan ikuti tutorial berikut:

cara mengedit menu navigasi

Cara Menghapus menu dropdown

  1. Pertama, anda login ke halaman blog anda
  2. kedua, Edit HTML dan lakukan backup terlebih dahulu
Melakukan backup saat editing template adalah hal yang baik, ini bertujuan untuk menjaga terjadinya eror pada template anda
Berikutnya, setelah anda masuk ke-menu template anda, dan pastikan anda memang sudah melakukan backup terlebih dahulu, bila sudah anda cari nama yang ada pada menu navigasi template yang anda pakai, untuk contohnya bisa anda lihat gambar diatas, bila di navigasi tersebut bernama panduan, maka anda harus mencari nama tersebut dengan menggunakan < CTRL+F> ini untuk mempermudah anda dalm melakukan pencarian di template tersebut.

Jika langkah diatas sudah anda lakukan dan anda pun sudah menemukan nama dari navigasi template yang digunakan silahkan hapus Script HTML. yang diawali dengan kode < li class='sub'><a href='/' title='contoh'>contoh</a><ul> kode tersebut adalah sebagai contoh untuk kode sub-menu navigasi dan kurang lebih seperti ini

Namun ada yang harus anda perhatikan sebelum menghapus kode sub-menu pada template, dibawah kode yang akan anda hapus ada beberapa kode yang tidak boleh dan jangan sampai kehapus, bila hal itu terjadi maka akan terjadi eror template atau kesalahan sehingga template tidak bisa anda simpan. walaupun anda sebelumnya telah melakukan backup tetap saja hal ini tidak boleh terjadi.

Dibagian <li class='sub'><a href='title='/'> dan dibawah kode tersebut ada kode </ul></li> bila kedua kode tersebut terhapus oleh anda maka eror template.

Mengganti dengan navigasi baru

Lain hal nya dengan yang diatas, untuk yang ini kita akan menggantinya dengan baru yang sesuai dengan apa yang anda inginkan. Seumpama navigasi saya, dinama kan dengan kata "contoh"  dengan nama itu anda ganti menjadi nama navigasi yang sesuai. Jadi anda tidak perlu repot-repot mengapus kode sript HTML. Untuk cara nya pun cukup mudah, anda perhatikan kode diatas, cukup kata akhir yang harus anda ganti.

menambahkan dropdown/Tool

Untuk bagian tutorial cara mengedit menu navigasi sudah selesai, dan dibagian ini saya akan menjelaskan bagaimana cara menambahkan atau membuat dropdown tool. navigasi ini biasanya di gunakan pada seorang blogger yang membawa topik tentang blogging, dengan inginya menambahkan sesuatu yang beda sebagian memakai navigasi ini seperti yang ada di navigasi diatas.

Sebenarnya cara ini tidak beda hal nya dengan cara diatas, hanya beda sedikit namun cara penenpatan nya yang sama. Bagi anda yang tertarik mencoba silahkan lihat cara dibawah ini :

Perhatikan kode atau sript akhir yang ada pada template anda. Saya contohkan, di akhir navigasi saya adalah <Tool> kode tersebut di akhiri dengan </a><ul> jika anda ingi membuat nya menjadi drop kebawah, silahkan tambahkan kode seperti ini tepat dibawah kode akhir navigasi template anda.

<li class='sub'><a href='#' title='nama yang ingin di buat'></a><ul>

Bagaimana sangat mudah bukan ? saya rasa itu sudah cukup untuk mengedit dan menghapus navigasi. Scrip diatas adalah contoh, semoga yang telah saya bagikan ini bisa bermanfaat. Terimakasih.

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment

Dilarang Menaruh link aktif