3 Tips Mengganti Template baru blog agar visitor naik - sandises

shares |

Sebenarnya mengganti template yang lama dengan yang baru itu mudah dan dari alasan yang berbeda-beda kenapa harus diganti. Ada beberapa alasan yang menjadi faktor penyebab mengapa harus rela menggantinya dengan yang baru. Kalau menurut saya bisa jadi karena template yang lama memang sudah tidak menarik lagi untuk dilihat atau di pandang. Selain dari alasan itu, bisa jadi template yang akan dijadikan template baru ini, lebih keren dan mempunyai struktur bagus dan tentunya lebih seo friendly dari pada struktur html yang ada pada template yang lama.

3 Tips Mengganti Template baru
Template merupakan sebuah tihang atau istana untuk blog anda, dari itu anda harus benar-benar memperhatikan template yang anda gunakan, apakah memiliki kategori dalam seo. Dengan tampilan dan mempunyai struktur seo tentu akan lebih dikenali oleh mesin pencari . Jika blog anda mudah untuk dikenali mesin, tentunya akan membuat visitor blog tetap naik. Maka pilihlah template yang memang seo dan baik dimata perayap google, tidak perlu terlihat bagus dan mewah, cukup sederhana namun menarik untuk dilihat dan yang paling terpenting memiliki loading yang lancar jaya.
Template blog adalah suatu desain atau theme tampilan sebuah blog. Jadi mewah atau tidaknya suatu blog, itu tergantung dari bagus atau tidaknya template itu sendiri.

3 Tips mengganti Template baru blog agar visitor naik

Sebelumnya saya juga pernah membahas bagaimana cara mengganti template blogspot dengan template sendiri. Cara yang memang cukup mudah hanya dengan satu kali pencet langsung deh template itu terganti dengan baru. Namun ada yang harus anda perhatikan sebelum mengganti template dengan yang baru, backup terlebih dahulu templata yang sebelumnya anda gunakan. Berikut penjelasan dari 3 tips mengganti template baru agar visitor naik.

Cara ini memang tidak sedikit yang membahas, sangat banyak blogger yang telah menerbitkan artikel dari menganti template, namun disini saya akan mencoba membagikan tips sederhana buat anda yang kiranya ini menjadi pertimbangan sebelum anda mengganti yang baru.

1. Pilihlah Template blog yang berkualitas

Memang banyak sekali situs yang meyediakan template dari yang gratisan atau pun yang premium " berbayar". Namun sebelum anda menggunakan template yang sudah menjadi pilihan anda, ada baiknya perhatikan terlebih dahulu bahwa template yang anda pilih adalah template yang memang berkualitas dan baik di mata mesin pencari ( search engine ).
Di bawah ini ada beberapa contoh atau kiteria template yang baik dan berkualitas, dan semoga ini bisa menjadi referensi untuk kita semua dalam menentukan template yang baik.

#Ringan & Fast Loading

Yang pertama harus anda perhatikan adalah template tersebut apakah ringan dan memiliki loading yang cepat, perlu anda ingat bahwa, template yang berat loading nya dapat mempengaruhi peringkat blog di halaman mesin pencari, semakin cepatnya loading template tersebut, semakin baik juga untuk visitor. karena pada dasarnya pengunjung akan lebih suka dengan blog yang cepat dan tidak lemot meskipun dalam koneksi yang lemah. Jadi perhatikan terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan untuk mengganti template anda.

#Seo Mobile Friendly

Arti dari mobile friendly adalah template yang sangat ringan ketika di akses dari perangkat mobile, dan secara otomatis tampilan akan menyesuaikan dengan lebar layar dari perangkat tersebut. Karena banyak keluhan yang sering saya dengar, bahwa ada yang kesal dengan template tidak resvonsip, ada yang gambar tidak menyesuaikan, bahkan ada juga yang memang tidak enak untuk dilihat dari mobile. Pada dasarnya mobile friendly sangat diutamakan oleh google, karena ini akan mempengaruhi rangking blog anda di hasil pencarian. Jadi ada baiknya pilihlah template yang seo mobile friendly. Untuk mengetahui apakah blog anda sudah mobile seo atau tidak, anda bisa melihatnya di Mobile friendly

#Mempunyai struktur yang baik

Memilik struktur yang baik akan lebih bagus, meskipun ini bukan masuk dalam faktor seo, namun ini akan membantu google menampilkan informasi lebih baik ketika blog anda ditemukan dihasil pencarian. Struktur data ini secara tidak langsung memilki ikatan dengan seo.

2. Pindahkan Kode template lama ke template yang baru

Seperti yang sudah saya katakan diatas bahwa, sebelum anda mengganti template lama ke yang baru, ada baiknya anda lakukan backup terlebih dahulu terhadap template lama tersebut. Dan jika anda yakin dengan template yang akan anda pilih saat ini, pastikan didalam template lama anda, ambil kode yang memang penting, contohnya seperti, < meta > yang letaknya ada dibagian <head> dan </head> untuk mempermudah pencarian, anda bisa gunakan ( CTRL+F ).

Meta yang ada di template lama anda sangat memiliki informasi yang penting agar mudah dapat dipahami oleh robot mesin pencari, agar googlebot tidak kebingungan dengan template baru anda, sebaiknya kde yang sudah anda backup dipindahkan ke template yang baru dan pastikan sama persis dengan yang sebelumnya. Contoh kode meta tag yang memang penting dalam template anda.
  1. Meta tag
  2. Kode verifikasi webmaster tool, google bing dan juga alexa. 
  3. Untuk yang belum memiliki kode tersebut, silahkan anda daftarkan terlebih dahulu ke webmaster tool.

3. Lakukan Update Artikel setiap harinya

Setelah anda sudah berhasil mengganti template anda dengan yang baru, dan dalam cara yang seperti diatas, pastikan hari-hari anda dipenuhi dengan update artikel dengan sesering mungkin, meskipun tidak bisa lebih dari satu, setidaknya sehari satu kali untuk melakukan posting artikel. Dan ada baiknya jika sebelumya anda sudah mempersiapkan beberapa artikel yang belum anda terbitkan, dan setelah template terganti, maka anda hanya mempublikasikan artikel - artikel baru anda.

Penutup

Mengganti sebuah template memang lah sangat mudah, bahkan blogger baru pun bisa untuk melakukanya. Namun, dengan melakukan penggantian template yang benar, maka kualitas blog anda akan tetap baik dan berkualitas. Akan tetapi jika dilakukan dengan cara yang salah atau ( asal - asalan ) tentu akan menimbulkan dampak yang buruk untuk blog anda sendiri.

Dan cara diatas, adalah cara yang sampai saat ini masih saya gunakan jika saya ingin mengganti template. Sekian dari saya mengenai dari 3 Tips Mengganti Template baru blog agar visitor naik semoga dapat bermanfaat dan bisa membantu anda. Terimaksih 

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment

Dilarang Menaruh link aktif